Kamis, 20 Agustus 2009

Penyebaran Asam Kedalam Media Berpori

Kalau sebelumnya sudah diposting tentang stimulasi mengenai pengasaman dan jenis-jenisnya, maka posting yang ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi readers semua.

Pergerakan asam di dalam media berpori tergantung pada banyak hal antara lain konsentrasi asam, jenis-jenis mineral yang diasam dan yang dikandung oleh lapisan, dan temperatur lapisan. Kecepatan rambat asam di dalam media berpori menentukan penyebaran asam di dalam media berpori. Semakin cepat asam tersebut bergerak, maka makin luas pula daerah yang akan terkena asam.

Untuk mengetahui kecepatan pergerakan “front” asam di dalam media berpori perlu diketahui tentang kinetika antara reaksi asam dengan mineral batuan. Sifat heterogenitas batuan serta distribusi mineral yang tidak merata menyebabkan kecepatan dan penyebaran asam yang tidak merata dalam lapisan.

Sebagai akibat pengaruh ketidak homogenan tersebut, telah dikembangkan model penyebaran asam yang dapat digunakan sebagai latar belakang perencanaan operasi pengasaman antara lain adalah model pembentukan dan pertumbuhan “wormhole”. Model-model tersebut antara lain menggambarkan tentang compact dissolution, diffusion-limited wormholing, fluid-loss limited wormholing dan uniform dissolution.


Selengkapnya download di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar