Kamis, 16 Juli 2009

Eksplorasi Energi Panas Bumi

Energi panasbumi merupakan hal baru, tepatnya dasar-dasar pemikiran dan perencanaanya masih dalam pengembangan serta menjadi perdebatan. Seiring dengannya beberapa energi panasbumi diantaranya telah berproduksi dan sebagian lainnya telah cukup ekonomis untuk diproduksi. Sebagai hasilnya sulit untuk mengevaluasi eksplorasi dan teknik yang digunakan pada penelitian tersebut.

Eksplorasi ini mengacu pada konsep pencarian di daerah luas, kemudian ke daerah yang patut dipertimbangkan sebagai area cadang panasbumi. Pada awal investigasi daerah yang luas teknik yang dipakai masih sederhana dan murah, tetapi bila menuju ke daerah yang lebih kecil kepercayaan akan bertambah dan teknik yang diikut sertakan. Pada akhirnya ekplorasi panasbumi akan berlanjut teknik yang paling mahal yaitu “Wild Cat Well” untuk menguji kelayakannya.


REMBESAN DAN REMBESAN FOSIL

Kebocoran fluida pada tudung impermeabel hampir selalu ada pada sistem panas bumi yang dapat dilihat dipermukaan sebagai fumarol, geysers, hot/warm spring dan lumpur panas.

Rembesan fosil dapat berupa endapan traverfit dan silika yang mengindikasikan pada daerah tersebut pernah ada suatu sistem panasbumi. Umumnya rembesan fosil adalah hasil dari seismik pada rekahan caprock dan fluida yang lolos kepermukaan atau air tanah yang dekat permukaan. Rembesan juga dapat menyediakan informasi kuantitatif kondisi alamiah reservoir dan kandungan fluida di dalamnya.

Selengkapnya download di sini

Sumber : http://dardiri.multiply.com/

1 komentar:

  1. Penggunaan istilah fosil :Rembesan fosil, Geothermal fossil ?

    Umumnya rembesan fosil adalah hasil dari seismik ?

    Ini Masih perlu ditinjau sumber2nya

    BalasHapus